Waw, 7 Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran Ini Sungguh Kreatif.

shares |

Waw, 7 Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran Ini Sungguh Kreatif - Bunda Shalihah pembaca Blognya Keluarga Sakinah, akhir-akhir ini kami sempat bingung dan galau. Yah, karena si kecil udah menginjak usia 2 tahun 5 bulan, banyak ungkapan dari saudara dan teman, "Wah, udah mau di-PAUD-kan anaknya". Kami malah belum terfikir sampai sana. Kami masih merasa usia 2,5 atau 3 tahun masih usia yang kecil, mereka masih harus selalu dalam pantauan kami selalu. Rasanya masih terlalu kecil usia 3 tahun untuk kami kirim ke sekolah PAUD.
pemanfaatan media pembelajaran dari barang bekas, manfaat barang bekas sebagai media pembelajaran

Dari ungkapan-ungkapan tersebut, namun hati ini belum tenang jika melepas si kecil ke sekolah, kami jadi berpikir bagaimana caranya mengajari si kecil sendiri di rumah berdasar kurikulum yang ada di PAUD. Kami pun mencari informasi mulai dari kegiatan harian di PAUD, prosem, prota, sampai dengan kemampuan apa saja yang harus dikuasai anak.

Jujur saja, dari hasil searching-searching sebenarnya kami nggak begitu paham, namun dengan rasa belum ketegaan itu pun kami coba terus pelajari dan terapkan dengan berbagai renovasi sesuai kemampuan kami dan si kecil. Untuk penerapannya pun kami mulai bingung, ini media yang digunakan apa saja? Dan ternyata tidak sedikit lho kalau kita perinci tiap kemampuan anak yang harus dimiliki. Namun masih bisa kita usahakan.

Dari sekian media tersebut, sampailah kami berfikir dengan media barang bekas, dengan tujuan memanfaatkan barang bekas menjadi barang berguna. Karena saking banyaknya juga barang bekas yang tidak terpakai dan akhirnya akan masuk kedalam tong sampah. Hal ini kami pilih selain memanfaatkan barang bekas, juga berusaha untuk mengajari si kecil dalam berkreasi mengubah barang bekas menjadi barang yang berguna dan menjaga kebersihan lingkungan. Pemanfaatan media pembelajaran dair barang bekas ini yang kami pilih.

Oke, apa saja sih 7 pemanfaatan barang bekas untuk media pembelajaran buat anak-anak? Contoh media pembelajaran dari barang bekas, memanfaatkan barang bekas menjadi barang berguna bisa kita simak di bawah ini bersama-sama. Oya, dalam memilih barang bekas ini, adalah barang bekas yang mudah kita temukan di rumah kita saja dan tidak dipakai tentunya.

1. Botol Bekas

Botol bekas bisa diubah menjadi banyak variasi barang berguna yang bisa kita gunakan sehari-hari. Dalam hal ini sebagai media pembelajaran, botol bekas bisa digunakan sebagai pot untuk menanam bunga dan bisa digunakan sebagai miniatur alat tranportasi seperti mobil. Hal ini mengajarkan si anak tentang cara menanam dan melestarikan lingkungan serta pengenalan alat transportasi darat. Tidak hanya itu saja, botol bekas bisa digunakan sebagai tempat pensil atau tempat alat tulis.

Baca juga artikel tentang 7 CARA MENGATASI ANAK NGOMPOLAGAR ANAK TIDAK NGOMPOL LAGI.

2. Gelas Aqua

Pemanfaatan  barang bekas untuk media pembelajaran yang kedua adalah gelas aqua bekas. Siapa sangka bahwa benda yang satu ini sepertinya benda yang tak berguna. Benda ini akan mempunyai banyak manfaat jika diubah atau diberi bentuk sedikit aja dengan sentuhan tangan. Gelas aqua beas bisa digunakan sebagai pot bunga, tempat pensil juga dan bisa dibuat jadi telpon mainan, yang bertujuan pada anak dalam menyampaikan pesan.

3. Kancing Baju

pemanfaatan barang bekas untuk media pembelajaran, media pembelajaran paud dari barang bekas, contoh media pembelajaran dari barang bekas

Ehm, para bunda shalihah, misal ada kancing baju yang lepas jangan langsung dibuang ya. Karena kancing baju ini akan sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran buat si kecil. Kancing baju  bekas bisa digunakan sebagai kegiatan melatih ketrampilan tangan anak dalam hal meronce. Selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jam, ketika anak mempelajari tentang materi jam dan waktu. Bisa juga digunakan untuk melatih ketelitian dalam menyusun kancing baju yang dimasukkan melalui lidi.

4. Tutup Botol

Tutup botol ternyata mempunyai banyak manfaat sebagai media pembelajaran maupun sebagai barang berguna lainnya. Sebagai media pembelajaran contohnya adalah pembuatan jam dari tutup botol. Tutup botolnya mewakili angka dalam jam. Selain itu juga bisa digunakan sebagai media menempel, meronce, dan pengelanan huruf atau angka pada anak. Karena di sebaliknya tutup botol bisa ditulis angka maupun huruf yang kita pilih. Ini adalah salah satu media pembelajaran PAUD dari barang bekas.


5. Sedotan

Sedotan walaupun benda sepele, namun punya banyak sekali manfaat untuk kita jika kita bisa menggunakannya dengan maksimal. Di sini sebagai media pembelajaran, sedotan bisa digunakan sebagai bahan untuk meronce anak-anak, media untuk membuat kerangka bangun, untuk membuat bermacam-macam bangunan dalam menggali kreatifitas anak.

Ketika bunda lagi pusing dan stress menghadapi si kecil yang susah buang air besar, bunda bisa AMALKAN 5 JURUS JITU CARA MENGATASI BALITA SUSAH BUANG AIR BESAR INI.


6. Kardus Bekas

Kardus bekas sepertinya menjadi hal paling banyak yang bisa kita temukan di rumah. Kardus di sini bisa kardus tempat sabun, tempat pasta gigi, tempat susu, sepatu, sandal, mainan atau kardus-kardus lainnya. Masing-masing bisa kita manfaatkan menjadi barang berguna. Namun di sini hanya kami batasi sebagai media pembelajaran saja.
Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Barang Berguna, media pembelajaran dari barang bekas, mengolah barang bekas menjadi barang berguna

Dalam fungsi media pembelajan kardus bekas bisa digunakan untuk membuat berbagai bangun datar dan ruang, bentuk mobil-mobilan, pesawat terbang, rumah-rumahan, tas, dan lain-lain. Selain itu juga bisa dimodifikasi sebagai penggaris. Ini adalah salah satu manfaat barang bekas sebagai media pembelajaran.

7. Koran

Koran bekas, betapa mudahnya mendapatkannya. Benda yang satu ini juga bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran lho. Koran dalam media pembelajaran bisa kita gunakan sebagai media kertas dalam ketrampilan melipat atau origami. Koran bisa dibentuk menjadi bermacam-macam bentuk. Selain itu juga bisa digunakan sebagai media untuk membuat pola baju dalam pelajaran ketrampilan menjahit.

Yah, demikianlah 7 Pemanfaatan barang bekas untuk media pembelajaran. Hal ini juga sabagai salah satu upaya memanfaatkan barang bekas menjadi barang berguna. Dalam emngolah barang bekas menjaid barang berguna tidak hanya sampai di sini saja, harapannya bisa diolah menjadi barang-barang berguna lainnya yang kita butuhkan dalam kehidupan rumah tangga. Selain hal ini mudah kita dapat, murah juga sebagai upaya peduli lingkungan.


Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment