5 Persiapan Malam Pertama Secara Islami Ini Sungguh Penting Bingits.

shares |

Sahabat muda pembaca Blognya Keluarga Sakinah, mempersiapkan sebuah pernikahan memang tidaklah simpel. Ada banyak hal yang harus kita siapkan dengan baik, agar semua bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan. Jika kemarin kita telah membahas Persiapan Sebelum Menikah Menurut Islam dan Bagaimana Mempersiapkan Pernikahan Murah, Hemat, Sederhana Dan Berkesan. Kali ini kita akan membahas tentang 5 Persiapan Malam Pertama Secara Islami Ini Sungguh Penting Bingits.

Persiapan malam pertama, persiapan malam pertama secara islami, daftar persiapan pernikahan, persiapan malam pengantin

Yah, malam pertama adalah momen yang sangat penting dalam suatu kehidupan manusia. Karena kami yakin bahwa kita semua berharap malam ini hanya terjadi sekali seumur hidup kita. Suatu malam dalam kehidupan manusia yang hanya terjadi dalam semalam. Dengan hal ini maka ita berupaya untuk mempersiapkan malam pertama ita dengan sebaik-baiknya. Kedua calon mempelai tentunya telah mempersiapkannya dengan semaksimal mungkin, mulai dari persiapan fisik, ilmu dan sebagainya. Daftar persiapan pernikahan yang begitu banyak pun biasanya juga tidak terlewatkan.

Untuk orang pada umumnya persiapan fisik tidaklah terlewatkan, namun untuk persiapan ilmu ini biasanya menjadi terlewat karena banyaknya hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah. Namun untuk mereka yang ingin mendulang pahala dengan maksimal, mereka akan mempersiapkan ilmu-ilmunya. Tentunya dengan ilmu dalan persiapan malam pertama secara Islami. Islam telah mengatur semuanya, Islam telah memberikan tuntunannya bagaimana dalam melewati malam pertama bagi kedua mempelai. Rasulullah telah memberikan teladan dalam melewati malam pertama bersama istri-istrinya. 

Ketika sudah jelas ada ilmunya, ketika sudah diatur dalam Islam, ketika Rasulullah telah memberikan teladan dengan jelas dan terang, maka apakah kita tidaklah ingin meraih pahalanya dengan maksimal? Apakah kita ingin melewatkan momen penting itu dengan biasa-biasa saja, seperti halnya momen lainnya? Ketika kita tahu hal ini, maka kami yakin semua sahabat muda di sini ingin mempersiapkannya dengan maksimal, termasuk mempersiapkannya sesuai dengan syariat Islam, sesuai dengan tuntunan dalam Islam.

Persiapan Malam Pertama Secara Islami

Oke para sahabat muda semua tidaklah perlu berpanjang lebar, sebenarnya apa saja sih teladan Rasulullah dalam melewati malam pertama tersebut? Bagaimana sih persiapan malam pertama itu? Bagaimana persiapan malam pertama secara Islami? Bagaimana persiapan malam pengantin bagi mempelai putra dan putri itu? Seperti apa saja itu, yuk mari kita bahas di bawah ini bersama-sama.

1. Doa Suami Untuk Istri

Persiapan malam pertama secara islami yang pertama adalah mendo'akan si istri. Setelah akad nikah berlangsung seorang suami disunnahkan untuk mendo'akan istrinya dengan cara memegang ubun-ubunnya seraya menyebut nama Allah (dengan membaca bismillah). Kemudian dilanjutkan dengan do'a ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَاوَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ
Allahumma inni as aluka khaira haa wa khaira maa jabaltahaa 'alaihi wa a'udzu bika min syarrahaa wa min syarra maa jabaltahaa alaihi.

Artinya:
Ya Allah sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.

Do'a ini sebaiknya dilakukan setelah ijab qobul dinyatakan sah. Namun kebanyakan dari kedua mempelai setelah akad nikah melangsungkan pesta dan sibuk menemui tamu undangan dan saudara-saudara kerabatnya. Sehingga do'a ini bisa dibaca ketika malam pertama tiba.

2. Shalat Sunnah 2 Rakaat

Persiapan malam pertama secara Islami yang kedua adalah melakukan shalat 2 rakaat. Shalat sunnah 2 rakaat ini merupakan ajaran dari para salaf sebagaimana yang terdapat pada riwayat Abu Said, maula Abu Usaid. Para sahabat mengajarkan: "Jika istrimu menghampirimu maka shalatlah 2 rakaat. Kemudian mintalah kepada Allah kebaikan apa yang datang kepadamu dan mintalah perlindungan kepada Allah dari kejelekannya. Kemudian terserah kepadamu dan istrimu." (HR Abu Bakr bin Abi Syaibah, sanadnya shahih sampai kepada Abu Sa'id).

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan kepada seseorang yang baru saja menikah, "Kalau istrimu datang menghampirimu, maka perintahkanlah dia shalat 2 rakaat di belakangmu." (HR Abu Bakr bin Abi Syaibah).

3. Bercanda Mesra Berdua

Persiapan malam pertama secara Islami yang ketiga adalag bercanda mesra. Setelah berdoa dan shalat 2 rakaat, maka Rasulullah memberikan teladan dengan bercanda mesra dengan istrinya. Hal ini dicontohkan ketika Rasulullah menikah dengan Aisyah. Rasulullah bercumbu rayu dan memberikan kemesraan yaitu dengan memberikan segelas air minum. 

Hal ini berdasarkan hadist Asma' bin Yazid, ia berkata "Saya merias 'Aisyah untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.Setelah itu saya datangi dan saya panggil beliau supaya menghadiahkan sesuatu kepada 'Aisyah. Beliau datang lalu duduk disamping 'Aisyah. Ketika itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam disodori segelas susu. Setelah beliau minum, gelas itu beliau sodorkan kepada 'Aisyah. Tetapi Aisyah menundukkan kepalanya dan malu-malu." 'Asma bin Yazid berkata: "Aku menegur 'Aisyah dan berkata kepadanya, Ambillah gelas itu dari tangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam! Akhirnya 'Aisyah pun meraih gelas itu dan meminum isinya sedikit."

4. Berdo'a Sebelum Jima'

Persiapan malam pertama secara Islami yang keempat adalah berdo'a sebelum jima'. Ketika seorang suami hendak menggauli istrinya, hendaklah ia membaca do'a:
بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا
"Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami."
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Maka, apabila Allah menetapkan lahirnya seorang anak dari hubungan antara keduanya, niscaya syaitan tidak akan membahayakannya selama-lamanya."

 5. Suami boleh menggauli istrinya dengan cara bagaimana pun yang disukainya asalkan pada kemaluannya. 

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 223 yang artinya:
"Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman."
Demikianlah 5 Persiapan Malam Pertama Secara Islami yang bisa kita jadikan teladan, tentunya bagi yang masih jomblo dan bagi yang mempersiapkan pernikahannya. Dengan hal ini diharapkan agar malam pertama yang dilewati penuh dengan pahala dan keberkahan dari Allah. Selain itu juga akan tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Aamiin.. Sahabat semua, dapatkan tips-tips pernikahan lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment