Inilah 7 Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk, Cerdas Dan Pintar

shares |

Inilah 7 makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk, Cerdas dan Pintar - Ah, jadi teringat saat-saat menyusui dulu, senang deh melihat si kecil gemuk, menggemaskan, sehat pula. Ini terutama saat-saat si kecil masih usia 1 sampai sekitar 5 bulan. Lha yang jadi masalah waktu itu adalah setelahnya, usia 6 bulan kan si kecil makin banyak tuh geraknya, kegemukannya tidak seperti dulu waktu awal-awal.

Tapi ya wajarlah, memang kebanyakan bayi seperti itu. Kalau bayi kita tambah usia namun geraknya tidak tambah dan semakin gemuk terus, tak terkendali, itu yang jadi masalah. Jadi alangkah baiknya jika bayi kita makin tambah usia makin aktif namun tetap bisa mempertahankan kegemukan atau berat badannya. Selanjutnya caranya bagaimana sih, agar bayi kita aktif, tetap gemuk dan sehat? 

Di sini para bunda shalihah harus sangat memperhatikan adanya asupan makanan yang bunda makan. Karena kualitas ASI yang diminum oleh si kecil tergantung nutrisi atau makanan yang kita makan bunda. Kita harus memperhatikan bahwa apa yang kita makan harus benar-benar memenuhi gizi yang cukup. Dengan gizi yang cukup ini tentunya akan membuat diri kita tetap terjaga kesehatannya dan membuat anak kita sehat dan tidak mudah sakit. Baca juga tentang RESEP MAKANAN BAYI 6 BULAN PERTAMA.

Apa saja sih makanan ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat, apa saja sih makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, apa saja sih makanan ibu menyusui agar bayi lancar bab dan apa saja sih makanan ibu menyusui agar bayi pintar? Yuk mari kita simak di bawah ini, 7 daftar Makanan ibu menyusui yang wajib dikonsumsi:

1. Sayuran Segar


Sayuran segar adalah syarat wajib bagi ibu menyusui. Berbagai sayuran segar sangat dibutuhkan untuk memenuhi gizi ibu dan si kecil, Aneka sayuran berwarna hijau, orange, merah mengandung banyak sekali vitamin dan zat mineral yang dibutuhkan di kecil. Sebagai contoh sayuran bayam dan brokoli yang banyak mengandung asam folat yang sangat penting bagi perkembangan otak bayi kita atau si kecil. Asam folat ini sebagai zat gizi dalam makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, makanan ibu menyusui agar bayi pintar. Secara umum berbagai sayuran mengandung banyak protein dan lemak yang menunjang berat badan si kecil. Sehingga sayuran hijau adalah salah satu makanan ibu menyusui agar bayi gemuk. Ini adalah salah satu cara yang ditempuh agar bayi ASI cepat gemuk.

2. Aneka Buah


Berbagai macam buah selain penting untuk ibu hamil juga sangat penting untuk makanan ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat. Kita dapat menemukan berbagai macam vitamin dan mineral dalam buah. Mulai dari vitamin A, B, C, D, dan E bisa kita temukan dalam buah. Sebagai contoh saja dalam buah pisang terdapat kandungan gizi yang terdiri dari kalori, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air. Selain itu juga buah pisang sebagai salah satu makanan ibu menyusui agar bayi lancar bab. Dan masih banyak sekali kandungan gizi yang ada di buah-buah lainnya, seperti anggur, alpukat, apel, jeruk, dan lain-lain. Pelajari juga tentang JURUS JITU CARA MENGATASI BALITA SUSAH BUANG AIR BESAR.

3. Ikan Laut


Ikan laut banyak mengandung gizi seperti protein, lemak, fosfor, zat besi, kalsium yang sangat baik untuk perkembangan tubuh si kecil. Ikan laut ini sangat baik untuk pertumbungan tulang si kecil maupun untuk nutrisi otaknya yang berguna dalam perkembangan otak si kecil. Sebagai contoh dalam ikan salmon yang mengandung banyak omega 3 dan DHA yang sangat baik untuk kecerdasan otak si kecil. Ikan hiu yang mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin D, omega 3, AA, DHA, EPA yang berguna untuk kecerdasan anak, perkembangan motorik, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sembelit, dan lain-lain. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ikan laut adalah salah satu makanan ibu menyusui agar bayi cerdas, makanan ibu menyusui agar bayi pintar.

4. Daging Sapi


Daging sapi adalah salah satu protein hewani yang mengandung zat gizi yang tinggi. Dalam daing sapi mengandung zat gizi seperti kalori, protein, lemak, fosfor, zat besi, kalsium, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air. Namun dalam daging sapi paling banyak mengandung kalori, protein dan lemak. Sehingga daging sapi sangat baik untuk makanan ibu menyusui agar bayi sehat, makanan ibu menyusui agar bayi gemuk.

5. Kacang-kacangan


Berbagai jenis kacang-kacangan juga sangat penting bagi ibu menyusui. Kacang-kacangan terdiri dari kacang almond, kacang mete, kacang hijau, kacang merah, kacang panjang, kacang tanah, kacang koro, kacang kedelai. Sebagai contoh saja dalam kacang hijau mengandung zat gizi yang terdiri dari kalori, lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, air. Manfaat kacang hijau baik dalam proses penggemukan anak. Selain itu juga kacang hijau dan kacang-kacangan lainnya juga baik untuk memperlancar bab. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kacang-kacangan adalah salah satu makanan ibu menyusui agar bayi gemuk, makanan ibu menyusui agar bayi lancar bab.

6. Telur


Telur adalah salah satu protein hewani yang sangat penting dalam perkembangan bayi, terutama dalam kuning telurnya. Di sini kami menyarankan bahwa telur yang dikonsumsi lebih baik telur ayam kampung. Karena dalam telur ayam kampung ini terdapat zat gizi yang masih murni dan alami, belum tercampur dengan zat lainnya.

7. Air.


Sebagai ibu menyusui harus meminum banyak air. Air di sini bisa air putih, air madu, air susu atau segala jenis minuman lainnya. Dengan asupan minum yang banyak, akan membuat ASI keluar banyak. Dengan ASI yang banyak, akan membuat gizi si kecil tercukupi, baik dari segi jumlah ASI yang diminum maupun dari terpenuhinya gizi. Bunda, penting juga mempelajari tentang 7 LANGKAH CARA MENYAPIH ANAK DARI USIA 2 TAHUN TANPA REWEL, sejak sekarang.

Demikianlah 7 makanan ibu menyusui agar bayi gemuk, cerdas dan pintar. Namun perlu kita ingat bersama bunda, bahwa bayi yang gemuk bukanlah hal utama. Namun jika kita punya bayi yang gemuk, cerdas dan pintar adalah nilai plus tersendiri bagi kita, tentunya bunda akan senang juga. Yang perlu kita ingat hal yang paling utama adalah bayi kita sehat. Dengan bayi kita sehat, maka perkembangannya akan bagus dan tetap aktif.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment