7 Rahasia Keluarga Harmonis Menurut Islam Ini Sungguh Jitu.

shares |

Para istri dan suami shalih yang selalu berbahagia dimanapun Anda berada, kali ini kita akan mesharingkan bersama terkait dengan 7 Rahasia Keluarga Harmonis Menurut Islam Ini Sungguh Jitu. Kita semua tahu bahwa keluarga adalah tempat segalanya buat kita, tempat berbagi baik senang maupun susah, tempat sharing dan melepas semua kepenatan pikiran sampai dengan tempat mendulang pahala-Nya. Dengan berkeluarga begitu mudahnya mencari pahala-Nya. Karena Allah memberikan keistimewaan berlipat buat mereka yang sudah berkeluarga.

rahasia keluarga harmonis, keluarga harmonis menurut islam, tips hubungan suami istri di ranjang

Namun kenyataan yang terjadi di lapangan, dalam upaya mendulang pahala yang sebanyak-banyaknya itu tidaklah mudah, ada banyak rintangan yang menghampirinya. Karena syaitan sangatlah pandai dalam menggoda manusia, terutama mereka yang sudah berkeluarga. Syaitan akan sedih jika melihat suami istri yang selalu harmonis dan mesra, sebaliknya dia akan senang dan merasa menang ketika ada suami istri yang sedang bertengkar.

Melihat kondisi tersebut, kita sebagai seorang muslim janganlah sampai kalah dengan syaitan, janganlah kita memberikan celah kebahagiaan syaitan di atas kesedihan kita. Karena tipu daya syaitan sangatlah pandai, sangatlah lihai. Bahkan untuk keluarga muslim sekalipun, mereka yang sudah ngaji, para keluarga ustad dan ustadzah pun serta yang sudah mendalami ilmu agama, masih sering terjadi pertengkaran di antara keduanya. Apalagi kita orang awam yang masih sangat kurang keilmuan agamanya, akan semakin mudah syaitan menggoda.

7 Rahasia Keluarga Harmonis Menurut Islam

Dengan melihat hal tersebut, kita harusnya waspada dan menjaga sebaik mungkin agar rumah tangga kita, kehidupan keluarga kita tetap berjalan dengan bahagia, tetap harmonis, tanpa ada pertengkaran di sana-sini. Tentunya upaya-upaya yang kita lakukan sesuai dengan syariat Islam. Karena Islam telah mengajarkan semuanya, Rasulullah telah memberikan teladan yang terbaik buat umat-umatnya. Oke, para suami dan istri di manapun kita berada, sebenarnya apa saja sih rahasia keluarga harmonis menurut Islam itu? Apa saja kiat-kiat agar hubungan suami istri harmonis? Apa saja rahasia rumah tangga sakinah mawadah warohmah itu? Bagaimana cara menjaga hubungan suami istri tetap harmonis itu? Bisa kita simak pembahasannya di bawah ini bersama-sama.

1. Menyamakan Visi Pernikahan

Rahasia Keluarga harmonis menurut Islam yang pertama adalah menyamakan visi pernikahan. Visi pernikahan dalam membina rumah tangga Islami adalah mengaharap Ridho Allah subkhana wa ta'alaa. Hal apa saja yang dilakukan oleh kedua pasangan hanya berpatok pada mencari ridho-Nya. Selain pahalanya semakin berlipat juga akan menjadikan masing-masing sama-sama senang dalam melaksanankannya, bukan menjadi paksaan diantara keduanya. 

Dengan satu visi ini juga ketika sedang ada permasalahan atau pun pertengkaran akan mudah melewatinya, bahkan untuk permasalahan atau suatu pertengkaran yang hebat sekalipun. Karena semuanya dikembalikan kepada Allah subkhana wa ta'alaa. Ketika telah teringat akan visi dalam mencari ridho-Nya semata, maka kemarahan dan keegoisan tersebut akan segera menipis dan semua akan terlewati dengan baik-baik saja.

2. Memahami Tugas Dan Kewajiban Masing-masing

Rahasia rumah tangga sakinah, mawadah dan warohmah yang kedua adalah suami dan istri memahami tugas dan kewajiban masing-masing. Termasuk dalam hak masing-masing juga harus dipahami. Sehingga ada baiknya ketika sebelum menikah mempelajari terlebih dahulu ilmunya, baik ilmu tentang tugas dan kewajiban istri dan suami maupun ilmu pernikahan dan rumah tangga lainnya. Terkait dengan persiapan sebelum menikah, masing-masing calon istri dan suami sebaiknya mempersiapkan 4 poin terlebih dahulu seperti yang ada di artikel 4 Poin Persiapan Sebelum Menikah Menurut Islam Ini.

Dengan adanya pehamanan tugas dan kewajiban serta hak masing-masing akan meminimalisir kesalah pahaman di antara keduanya. Masing-masing istri dan suami akan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Mereka akan memenuhi tugasnya atau kewajibannya dengan baik. Sehingga masing-masing akan bisa memenuhi hak-hak satu sama lain dengan baik pula.

3. Sikap Terbuka dan Mau Mengalah

Rahasia keluarga harmonis menurut Islam yang ketiga adalah mempunyai sikap saling terbuka dan mengalah satu sama lain. Sikap keterbukaan sangat dibutuhkan dalam suatu hubungan keluarga atau rumah tangga. Sikap ini akan menjadikan semua baik-baik saja, karena tidak ada hal yang ditutup-tutupi lagi. Hal yang kira-kira mengganjal seperti hubungan dengan keluarga besar, pendidikan anak akan menjadi jelas dan terang.

Selain sikap terbuka, sikap saling mengalah pun juga harus ada diantara keduanya. Karena manusia mempunyai sifat yang cenderung menangan, merasa selalu benar dan ingin diakui hebatnya. Dengan sifat awal ini maka kita harus memupuk sikap mengalah. Ketika diantara keduanya tidak ada yang mau mengalah maka pertengkaran akan mudah terjadi. Seperti yang terjadi di kalangan para artis yang memutuskan untuk berpisah, mereka cenderung karena masing-masing merasa benar, merasa hebat dan tidak ada yang mau mengalah. Sehingga ketika ada permasalahan tidak akan segera terselesaikan dengan baik.

4. Saling Memahami Kekurangan Masing-masing

Salah satu kiat agar hubungan suami istri harmonis adalah dengan saling memahami kekurangan masing-masing. Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Dia, istri kita, suami kita hanyalah manusia biasa yang telah Allah ciptakan dengan segala tabiatnya, dengan segala kekurangan dan kelemahannya. Selain itu juga manusia adalah tempatnya salah dna khilaf. Dengan saling memahami kekurangan masing-masing, maka akan menjadikan masing-masing untuk menerima satu sama lain apa adanya dan tidak akan mengungkit-ungkitnya. Selain itu juga meminimalisir adanya pertengkaran, sehingga keharmonisan keluarga tetap terjaga.

Baca juga tentang cara mengatur keuangan keluarga dalam artikel ini, 6 Pos ini Wajib Diterapkan Dalam Cara Mengatur Keuangan Keluarga dan Rumah Tangga Agar Tidak Boros.

5. Jalin Komunikasi Yang Baik

Rahasia keluarga harmonis menurut Islam yang kelima adalah dengan menjalin komunikasi yang baik. Komunikasi adalah kunci dalam segala hal, baik itu dalam tujuan menyelesaikan suatu masalah dan sebagai suatu hal penyebab suatu pertengkaran atau kesalah pahaman. Gaya komunikasi, bahasa, maupun kata-kata komunikasi yang kurang baik akan menjadikan salah paham di antara suami istri. Sehingga tidak jarang suatu permasalahan itu timbul dari akibat komunikasi yang kurang baik.

Seorang suami hendaknya selalu berkata yang baik dna lemah lembut kepada sang istri, seperti Rasulullah yang selalu berlaku dan berkata lemah lembut kepada istri-istrinya. Begitu juga dengan seorang istri hendaknya juga selalu berkata yang sopan dan lemah lembut kepada sang suami. Hal ini akan menjadikan suami senang dan semakin sayang tentunya. Selain itu juga terdapat pahala tersendiri bagi keduanya.

6. Ucapkan Cinta

Rahasia keluarga harmonis menurut Islam yang keenam adalah menjaga keromatisan satu sama lain dengan cara mengucapkan kata cinta. Keromantisan dan keharmonisan suatu keluarga harus dipupuk dan dijaga salah staunya dengan ucapan yang indah, dengan rayuan indah dan kata-kata cinta. Karena keromantisan dna keharmonisan suatu keluarga tidak akan terjadi begitu saja tanpa diusahakan atau dipupuk. Jika mereka para pemuda dan pemudi yang kurang paham agama dengan terang-terangan mengucapkan cinta satu sama lain, padahal itu berdosa, maka kita yang sudah mempunyai suami dan istri yang jelas sah dan berpahala seharusnya lebih sering daripada mereka dan tidaklah perlu malu.

Ucapan cinta ini bisa berupa kata-kata cinta atau kata-kata rayuan, bisa juga dengan tindakan langsung, misalnya menciumnya, bercanda mesra. Seperti yang dilakukan Rasulullah kepada istri-istrinya. Pernah suatu ketika Rasulullah akan berangkat ke masjid sebelumnya mencium kening Aisyah. Hal ini akan menjadikan kehidupan keluarga semakin romantis dan mesra. Selain itu juga akan berpahala di hadapan Allah subkhana wa ta'alaa. Oya istri shalihah semua, intip juga nih, 7 Desain Dapur dan Ruang Makan Minimalis Ini, Bikin Pengen Aja.

7. Jaga Penampilan

Rahasia keluarga harmonis menurut Islam yang ketujuah adalah menjaga penampilan. Seorang suami hendaknya juga menjaga penampilannya di hadapan istrinya. Hal ini sering dihiraukan oleh mereka para suami. Yah, mungkin memang karena mereka kurang memperhatikan penampilan. Tapi walaupun mereka kaum adam rata-rata cuek sama  penampilan, ketika sudah mempunyai istri harus menjaga penampilan di hadapan istrinya.

Berbeda dengan kaum adam, kaum hawa mempunyai karakter yang sebaliknya, yaitu selalu menjaga penampilan di manapun mereka berada. Selain itu juga mempunyai karakter yang suka berhias. Dengan karakter tersebut terkadang mereka menjadi berlebihan berhiasanya ketika mau kondangan. Padahal hal tersebut tidak seharusnya dilakukan. Justru mereka harus berhias yang molek, yang lebih hanya di dalam rumah saja, berhiasanya hanya untuk suaminya saja. Islam sendiri mengajarkan kepada kaum hawa dalam berhias keluar rumah sewajarnya saja, tidak boleh berlebihan. Namun yang terjadi di lapangan justru sebaliknya. Hal ini janganlah sampai terjadi pada diri kita.

Demikianlah 7 Rahasia Keluarga Harmonis Menurut Islam yang bisa kita terapkan dalam kehidupan rumah tangga kita. Agar hubungan suami istri harmonis dan menjaga hubungan suami istri tetap harmonis. Hal di atas juga sebagai rahasia rumah tangga sakinah, mawadah, warohmah. Siapa sih yang tidak mau rumah tangganya bahagia? So, terapkan 7 rahasia di atas ya. Semoga kita dan keluarga kita bisa berkumpul semua kelak di syurga-Nya. Aamiin.. :) Oya suami dan istri shalihah semua, dapatkan juga tips-tips dan informasi lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.




Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment