Waw, 7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Murah Hemat Sederhana Dan Berkesan Ini Sungguh Bermanfaat.

shares |

Para sahabat muda Blognya Keluarga Sakinah, ngomongin masalah pernikahan ini tidak pernah ada habisnya ya. Setelah kemarin kita sempat membahas terkait dengan Contoh kata-kata undangan pernikahan islami lengkap dan contoh undangan pernikahan unik dan murah, kali ini kami ambil topik terkait dengan Waw, 7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Murah Hemat Sederhana dan Berkesan Ini Sungguh Bermanfaat.
Tips mempersiapkan pernikahan, tips mempersiapkan pernikahan murah, tips mempersiapkan pernikahan sederhana

Yah, karena memang pernikahan itu kita harapkan dalam hidup kita hanya berlangsung sekali saja seumur hidup, maka sebisa mungkin diusahakan agar bisa berkesan. Berkesan di sini tidak hanya berkesan bagi kita, atau calon mempelai, namun juga bisa berkesan bagi para tamu undangan serta tetangga dan saudara yang telah ikut membantu dalam acara pernikahan.

Seperti yang kita tahu bahwa acara pernikahan itu meilibatkan banyak pihak, baik dari pihak mempelai putri maupun mempelai putra, keluarganya masing-masing, tetangga, para saudara dan pihak luar yang membantu dalam segala hal, baik untuk urusan catering, undangan dan lain-lain. Kebutuhan dan berbagai pernak pernik pernikahan pun tidak sedikit pula. Bayangkan saja untuk satu undangan paling tidak kita merogoh uang dua ribuan rupiah, itu pun untuk undangan yang termasuk murah. Misalkan kita menghendaki  undangan yang lebih eksklusif, maka harga jauh lebih mahal.

Sahabat, itu untuk satu undangan kepada satu orang saja, untuk tradisi di daerah kami sendiri rata-rata mereka mengundang orang ratusan. Itu untuk orang yang tergolong biasa-biasa saja, untuk orang yang tergolong terpandang biasanya bisa sampai ribuan. Yah, ini baru undangannya lho, belum ke tempat, catering, baju pengantin, souvenir dan lain-lain yang ternyata setelah dirinci banyak juga ya untuk keperluan cara pernikahan ini.

Dari banyaknya rincian dan kebutuhan dalam acara pernikahan ini, maka kita juga harus pintar-pintar dalam memilih, memilah dan mempersiapkan segala hal dengan murah dan hemat. Mengingat bahwa setelah pernikahan itu kita mulai kehidupan baru kita, kita mulai untuk menegakkan rumah tangga berdua dengan pasangan kita. Dan tidaklah sedikit yang kita butuhkan dalam berumah tangga yang baru saja berdiri. Dimana kita harus mempersipkan pula tempat tinggal, tabungan untuk nanti nambah warga baru, dan lain-lain.


7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Murah Hemat Sederhana Dan Berkesan

Dalam mempersiapkan acara pernikahan yang murah, hemat dan berkesan ini menjadi hal yang penting. Oke teman-teman sahabat muda semua, seperti apa saja sih tips mempersiapkan pernikahan murah hemat sederhana dan berkesan ini?  Seperti apa saja persiapan pernikahan? Seperti apa saja persiapan pernikahan sederhana? Rincian persiapan pernikahan? Persiapan pernikahan islam? Daftar persiapan pernikahan? Cara mempersiapkan pernikahan sederhana? Dan tahapan persiapan pernikahan? Yuk mari kita pelajari bersama di bawah ini.

1. Pilih Tanggal Dimana Tidak Dipilih Banyak Orang

tips mempersiapkan pernikahan hemat dan berkesan, persiapan pernikahan sederhana, rincian persiapan pernikahan

Tips mempersiapkan pernikahan murah, tips mempersiapkan pernikahan sederhana, tips mempersiapkan pernikahan hemat dan berkesan yang pertama adalah memilih tanggal pernikahan yang tidak dipilih kebanyakan orang. Untuk orang Jawa biasanya masih memilih tanggal-tanggal baik, seperti minggu kliwon, minggu pon dan lain-lain dan meyakini beberapa hari sial untuk menikah.

Namun kita sebagai orang muslim hendaknya tidak membedakan mana tanggal baik atau bukan. Karena Allah telah menciptakan semua hari, semua tanggal itu baik. Tidak ada tanggal atau hari sial dalam Islam. Dalam sabda Nabi Shalallah hu 'alaihi Wasallam, bahwa menganggap suatu hari atau tanggal itu sial maka itu disebut sebagai suatu kesyirikan.

Disebutkan dalan suatu riwayat bahwa Nabi Muhammad menikah dengan Aisyah itu di bulan Syawal. Disunnahkan oleh Aisyah bahwa bulan Syawal itu merupakan bulan baik untuk pernikahan, sedangkan Rasulullah sendiri  menyatakan bahwa bulan Ramadhan itu hari baik untuk menikah menurut Islam. Hal ini harus dipahami dalam persiapan pernikahan islam. Terkait Tata Cara Pernikahan Dalam Islam bisa dibaca DISINI.


2. Menggelar Acara Pernikahan di Rumah

Cara mempersiapkan sederhana yang kedua adalah menggelar acara pernikahan di rumah. Dengan kita menyelenggarakan di rumah, maka kita tidak perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk menyewa tempat. Seperti yang kita tahu bahwa dalam menyewa gedung untuk acara resepsi pernikahan tidaklah murah. Setidaknya kita harus merogoh uang puluhan juta untuk sewa gedungnya saja.

3. Menyewa Perlengkapan

cara membuat dekorasi pernikahan sendiri, persiapan pernikahan islam, daftar persiapan pernikahan

Yah, salah satu rincian persiapan pernikahan adalah dengan menyewa perlengkapan. Dalam acara pernikahan ini memang membutuhkan banyak sekali peralatan dan perlengkapan, mulai dari baju pengantin, meja, kursi, tenda, mix, alat makan sampai dengan dekorasi bisa kita sewa. Kita tidak harus membelinya sendiri, karena banyak sekali persewaan-persewaan paket pengantin. 

Berdasarkan pengalaman bahwa waktu itu untuk baju pengantin membuat sendiri, yang sebelumnya membeli kain dan dijaitkan. Satu sisi memang keuntungannya bisa dipakai pas ke badan, nyaman (karena hanya kita yang pakai) dan sesuai dengan selera kita, karena memang itu desain kita sendiri. Namun di sisi lain, setelah acara pernikahan selesai sampai dengan sekarang baju tersebut belum pernah dipakai lagi, artinya baju itu hanya dipakai sekali pas acara pernikahan saja. Yah, karena memang baju pernikahan didesain seperti itu. 

Jadi sayang sebenarnya ketika kita membeli atau membuat sendiri, rasanya mubadhir karena hanya dipakai sekali dan kita harus merogoh uang yang tidak sedikit pula. Toh, sekarang sudah banyak sekali persewaan baju pengantin, baik buat pengatin putra maupun putrinya.

4. Meminta Bantuan Teman, Saudara dan Tetangga yang Ahli di Bidangnya

Tips mempersiapkan pernikahan hemat dan berkesan yang keempat adalah dengan meminta bantuan teman, saudara atau tetangga yang ahli di bidangnya. Maksudnya di sini adalah kita bisa meminta bantuan mereka sebagai MC, pengisi tausyiah, memberikan pidato dalam serah terima tamu dari mempelai putra dan sebaliknya, dalam hal mendokumentasikan acara pernikahan (baik dalam bentuk foto maupun video), dan lain-lain.

Walaupun memang kita juga harus mengeluarkan sedikit biaya untuk mengganti tenaga mereka, namun bisa lebih menghemat jika kita menyewa langsung dari mereka yang menyediakan jasa-jasa tersebut. Dan sebelumnya kita telah menyampaikan mau meminta bantuan mereka, jadi uang pengganti tenaga  tidaklah segede mereka yang membuka jasa.

5. Menentukan dan Memilih Menu Makanan Yang Tepat

cara mempersiapkan pernikahan sederhana, persiapan malam pertama, tahapan persiapan pernikahan.

Salah satu daftar persiapan pernikahan adalah dengan menentukan dan memilih menu makanan yang tepat. Kita harus jeli dalam memilih menu ini, karena untuk makanan dalam acara pernikahan butuh banyak. Menu makanan yang kita pilih tidak harus banyak dan mewah yang penting menu tersebut pantas, elegan dan pas buat acara pernikahan. Mereka jasa catering telah menyediakan banyak menu makanan sesuai dengan budget masing-masing. Menu makanan yang kita pilih bisa kita sesuaikan dengan kantong kita.


6.Membuat Pernak Pernik Pernikahan Sendiri

Cara mempersiapkan pernikahan sederhana yang keenam adalah dengan membuat pernak pernik pernikahan sendiri. Pernak pernik dalam pernikahan ini ada banyak sekali. Diantaranya ada undangan pernikahan, aksesoris yang dipakai pengantin, hiasan dalam hantaran (baik hantaran untuk mempelai putri maupun putra), hiasan untuk mahar, souvenir dan lain-lain. 

Untuk hiasan hantaran dan mahar tentu tidaklah sulit untuk membuatnya sendiri, kita biasa minta bantuan tetangga, saudara atau teman kita. Untuk lingkungan pedesaan, biasanya hal ini dikerjakan oleh para pemuda pemudi teman-teman dari calon mempelai, dan tanpa dibayar. Untuk undangan kita bias amendesain sendiri undangan pernikahan kita, kita bisa memanfaatkan program corel draw dan selanjutnya bisa kita bawa ke percetakan sendiri, sehingga bisa lebih hemat.

Baca juga tentang informasi yang berkaitan dengan CONTOH SOUVENIR PERNIKAHAN UNIK, LUCU, BERMANFAAT DAN MURAH di sini.


7. Membatasi Jumlah Tamu

Tips mempersiapkan pernikahan murah, hemat, sederhana yang terakhir adalah dengan membatasi tamu undangan. Kita bisa mengundang teman dan kerabat yang memang benar-benar dekat dengan kita. Tidak harus teman yang kita kenal, terus kita undang. Karena semakin banyak tamu yang kita undang tentunya akan semakin banyak biaya yang kita keluarkan.

Yah, demikianlah 7 Tips mempersiapkan pernikahan murah, hemat, sederhana dan berkesan. Bagi yang masih jomblo, semoga bisa berjalan dengan lancar dan penuh berkah acara pernikahannya kelak. Bagi yang sudah menikah, ini bisa dijadikan informasi untuk saudara atau teman-temannya yang belum menikah, sehingga bisa bermanfaat bagi siapa saja. Tak lupa pula, dapatkan tips-tips dan informasi lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment