5 Poin Persiapan Sebelum Menikah Untuk Laki-laki Ini Penting Bingits.

shares |

Wahai para pemuda muslim semua, ketika jodoh telah ada di depan mata maka hati pasti merasa senang. Sebentar lagi akan membangun bahtera rumah tangga bersama dengan wanita idaman. Hidup bersama sampai nanti menjadi kakek dan nenek-nenek. Hidup bersama dengan orang yang kelak akan melahirkan generasi penerus perjuangan. Yah, jika kemarin kita telah membahas terkait dengan Persiapan Sebelum Menikah Untuk Wanita Menurut Islam, kali ini kita akan membahas tentang 5 Poin Persiapan Sebelum Menikah Untuk Laki-laki Ini Penting Bingits.

Persiapan Sebelum Menikah Untuk Laki-laki, persiapan diri sebelum menikah,  persiapan calon pengantin pria

Dari sebagian besar mereka para kaum adam, yang telah siap ke jenjang pernikahan dan telah ditentukan tanggal pernikahannya, merasa senang namun ada rasa khawatir dan ketakutan juga. Senang karena telah dipertemukan dengan jodohnya, telah dipertemukan dengan wanita idamannya. Namun ada perasaan takut dan khawatir juga karena setelah nanti menikah tentunya ada tanggung jawab yang lebih besar. Yang sebelumnya hanya bertanggung jawab terhadap dirinya masing-masing, ketika sudah menikah ada tanggung jawab tambahan, bertanggung jawab terhadap istrinya, baik dari segi nafkah lahir dan batin maupun bertanggung jawab terhadap adab dan tingkah lakunya.

Setelah menikah pula seorang laki-laki telah menyandang gelar baru yaitu sebagai seorang suami dan kepala keluarga. Dimana kelak dia akan dimintai pertanggung jawaban terhadap kepemimpinannya dahulu sewaktu menjadi kepala keluarga. Seperti yang ada dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, yang berbunyi: "Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya. Imam adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggung jawaban atas rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban atas keluarganya.... "

Dari hadist di atas terlihat jelas bahwa seorang suami harus mempertanggung jawabkan keluarganya kelak di akhirat. Tanggung jawab yang nampaknya biasa dan wajar namun sangat besar makna sesungguhnya. Dari tanggung jawab yang tidak kecil itu, bertambahnya tanggung jawabnya kepada istrinya nanti menuntut sebagai calon suami untuk mempersiapkannya terlebih dahulu. Tentunya dengan persiapan yang matang.

5 Poin Persiapan Sebelum Menikah Untuk Laki-Laki

Selanjutnya apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan oleh calon mempelai laki-laki? Apa saja persiapan sebelum menikah untuk laki-laki? Apa saja persiapan diri sebelum menikah bagi laki-laki? Apa saja persiapan sebelum menikah menurut Islam untuk laki-laki? Apa saja persiapan calon pengantin pria? Apa saja persiapan menikah bagi laki-laki? Apa saja persiapan nikah bagi laki-laki itu? Untuk detail persiapan dan penjelasannya simak baik-baik tiap poin di bawah ini.

1. Persiapan Ilmu

Persiapan Sebelum menikah untuk laki-laki yang pertama adalah persiapan ilmu. Ilmu di sini diantaranya ilmu dalam berumah tangga ala Rasulullah, ilmu pernikahan, bagaimana kewajiban dan hak-hak suami, kewajiban kepala keluarga, kewajiban orang tua (karena kelak dia akan menjadi orang tua juga), kewajiban dan hak-hak istri, dan lain-lain. Termasuk juga ilmu bermasyarakat maupun ilmu yang berkaitan tentang muslimah juga lebih bagus jika bisa dikuasai. Sehingga nanti bisa mengarahkan sang istri dan mengajarkan tentang hal-hal lainnya. Atau kelak setelah menjadi suami istri bisa belajar mengaji bersama.

Seorang suami lebih baik mempunyai landasan ilmu yang lebih banyak, karena memang kelak dia yang akan menjadi pemimpin keluarga. Setiap masalah, setiap keputusan dalam keluarga ditentukan oleh seorang suami atau kepala keluarga. Dalam mengambil keputusan atau dalam menyelesaikan masalah hendaknya berpedoman pada ilmu agama, sesuai dengan syariat Islam. Hal ini sebegai salah satu persiapan diri sebelum menikah bagi laki-laki dan wanita juga lho.

Baca juga tentang 7 Tips Mempersiapkan Pernikahan Murah, Hemat, Sederhana Dan Berkesan Ini Sungguh Bermanfaat.

2. Persiapan Mental/Psikologis

Persiapan sebelum menikah untuk laki-laki yang kedua adalah persiapan mental atau psikologis. Bagi seorang suami hendaknya mempersiapkan diri dengan lebih lapang dan hati yang sabar. Karena kelak setelah menikah akan hidup bersama dengan si istri yang termasuk orang asing. Kenapa orang asing? Yah, karena memang sebelumnya tidak tahu karakter aslinya dan kebiasaan-kebiasaan kurang baiknya. Biasanya setelah 1 tahun menikah masing-masing baru terlihat karakter aslinya dan kebiasaan-kebiasaan kurang baiknya. 

Ketika semua sudah terlihat jelas, sudah tahu tabiat aslinya maka nantinya tidaklah kaget dan shock, ternyata kurang sesuai dengan apa yang diharapkan, atau ternyata tidak semanis dari luar. Tapi ingatlah bahwa dia adalah jodoh yang telah Allah siapkan buat Anda, dialah yang terbaik buat Anda. Allah tahu mana yang lebih baik buat Anda. Selain itu juga sang suami harus mengimbangi karakter seorang wanita yang cenderung bermain perasaan, berbeda dengan laki-laki yang sesuai pikiran logika. Ada yang bilang, kalau wanita itu sedikit-sedikit baper (bawa perasaan). Di sinilah hati itu diuji, kesabaran pun harus didahulukan. 

3.Persiapan Ruhiyah/Spiritual

Persiapan sebelum menikah untuk laki-laki yang ketiga adalah persiapan ruhiyah atau spiritual. Sebagai calon suami hendaknya lebih ditingkatkan amalan dan ibadahnya kepada Allah. Karena kelak setelah hidup bersama suami lah yang bertanggung jawab atas istrinya, baik bertanggung jawab terhadap akhlak sang istri maupun dalam mengamalkan ajaran agama. Alangkah menyenangkannya jika suami dan istri bisa berlomba-lomba dalam meraih ridho Allah. Seorang istri tentunya akan bersemangat dalam melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya, jika ada temannya suaminya, jika ada yang menyemangati yaitu suaminya.

Selain itu juga dengan semakin semangatnya beribadah sang istri akan menjadi pahala tersendiri bagi sang suami. Dan akan mempermudahnya kelak ketika dimintai pertanggung jawaban. Hal ini juga sebagai rasa syukur terhadap Allah atas dimudahkannya dipertemukan dengan jodohnya, dipercepatnya untuk menikah. Karena di luar sana masih banyak para jomblo yang belum dipertemukan dengan jodohnya. Poin ketiga ini juga sebagai persiapan sebelum menikah menurut Islam untuk laki-laki

Baca juga tentang 4 Contoh Mahar Pernikahan Unik Dalam Islam Ini Sungguh Inspiratif.

 4. Persiapan Fisik

Persiapan sebelum menikah untuk laki-laki yang keempat adalah persiapan fisik. Fisik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang suami tanggung jawab jelas bertambah, maka pekerjaan pun juga bertambah lebih banyak dan bervariasi. Apalagi jika nanti telah memiliki seorang anak, selain harus menyelesaikan utama (mencari nafkah), juga harus ikut membantu pekerjaan rumah tangga si istri terutama dalam mengasuh anak. Maka tenaganya tentu akan keluar lebih banyak.

Walaupun belum ada anak, namun jika sang suami bersedia membantu dan meringankan pekerjaan rumah tangga sang istri layaknya Rasulullah yang selalu membantu pekerjaan istri-istrinya akan ada pahala tambahan tersendiri. Sehingga fisik yang baik dan kuat sangat diperlukan dalam hidup berumah tangga. Selain dapat menyelesaikan pekerjaan lebih banyak, juga baik dalam reproduksi. Fisik yang bagus akan mempermudah untuk segera mendapatkan momongan. Karena dalam hal ini tidak hanya seorang isti atau calon ibu saja yang fisiknya harus bagus, namun suami juga harus bagus kesehatan dan fisiknya. Dengan fisik yang bagus, kualitas sperma akan bagus juga, sehingga kelak janin dan calon bayinya akan sehat pula.

5. Persiapan Harta

Persiapan sebelum meikah untuk laki-laki yang kelima adalah persiapan harta. Harta memang penting dalam menunjang kehidupan rumah tangga. Walaupun harta bukanlah hal satu-satunya hal yang utama, akan lebih utama dalam beribadah dan mencari ridhoNya. Namun kita diperintahkan untuk bekerja keras. Dengan harta kita bisa beramal shodaqoh lebih banyak. Ini salah satu persiapan calon pangantin pria yang cukup penting.

Dalam hidup berumah tangga sang suamilah yang mempunyai kewajiban dalam mencari nafkah. Sang suami yang harus menanggung nafkah si istri dan anak-anaknya kelak. Walaupun sang istri boleh dan sah-sah saja jika mau membantu meringankan beban dalam mencari nafkah dengan bekerja, asalkan atas izin dan kesepatakan bersama. Dengan hal ini maka sang suami hendaknya semakin semangat dalam bekerja, semakin semangat untuk bekerja keras. Dang ingatlah wahai para suami bahwa sesuap nasi saja yang diberikan kepada istri akan menjadi shodaqoh tersendiri di hadapan Allah.

Hal tersebut seperti yang ada dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyai: "Apapun yang engkau nafkahkan maka itu teranggap sebagai sedekah bagimu sampaipun suapan yang engkau berikan ke mulut istrimu." Dalam hadist riwayat Muslim yang lainnya juga berbunyi: "Tidaklah engkau menafkahkan satu nafkah yang dengannya engkau mengharap wajah Allah subhanahu wa ta'ala kecuali engkau akan diberi pahala dengannya sampaipun satu suapan yang engkau berikan ke mulut istrimu."

Demikianlah 5 Poin Persiapan Sebelum Menikah Untuk Laki-laki yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sehingga kelak ketika sudah menikah kehidupan akan semakin baik. Baik dari segi ibadah maupun dari segi kebahagiaan dalam hidup berumah tangga. Kehidupan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah akan tercapai, kebahagiaan di dunia dan di akhirat juga akan tercapai. Oya sahabat muda semua, dapatkan tips-tips tentang pernikahan dan berumah tangga lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment