Bagaimana Sih Cara mencuci Sepatu Yang Benar?

shares |

Selamat siang bunda cerdas se-Tanah Air dimanapun Anda berada. Bunda, jika kemarin di Blog ini, Blog Keluarga Sakinah kita telah membahas terkait dengan Cara Mencuci Baju Dengan Mesin Cuci, kali ini masih berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga, yaitu Bagaimana Sih Cara Mencuci Sepatu Yang Benar? Yah, seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan rumah tangga, suatu pekerjaan yang mulian namun tidak pernah ada kata selesainya, ada aja yang nanti selanjutnya dikerjakan.
 
cara mencuci sepatu yang benar, cara mencuci sepatu kulit, cara mencuci sepatu vans

Yah, untuk pekerjaan mencuci sepatu ini sebenarnya bisa dikerjakan oleh anak-anak kita yang sudah mulai kelas 4 SD. Namun untuk mereka yang masih balta, masih SD kelas 1, 2 dan 3 nampaknya belum begitu bisa mencuci sepatu sendiri. Begitu juga dengan sepatu suami kita, tidak mungkin tega lah jika kita membiarkan suami tercinta mencuci sepatunya sendiri. Ya kan? hehe,, :)

Untuk sepatu-sepatu sang suami, sepatu balita kita dan anak-anak usia SD kelas 1, 2, dan 3 mau tidak mau harus kita yang membersihkan, kita yang mencucinya. Seperti yang kita tahu bahwa sepatu itu ada bermacam-macam modelnya, ada sepatu kulit, sepatu sekolah, sepatu vans, sepatu coverse, sepatu nike dan sepatu wakai. Masing-masing dari model sepatu tersebut ada tehnik-tehnik mencucinya sendiri-sendiri.

Selanjutnya bagaimana jika kita mencuci sepatu asal mencuci aja agar bersih? Tanpa memperhatikan bahan utama atau model dari sepatu tersebut? Yah, tentunya hal ini akan menjadikan sepatu-sepatu itu jadi kurang awet. Bayangkan saja jika sepatu kulit dicuci seperti sepatu sekolah atau sepatu wakai atau sepatu olahraga, kan jadi tidak pas. Dan akan menjadikan bahan utama kulitnya cepat rusak. Bunda, 10 Tips Cerdas Cara Menyiasati Rumah Kecil Sempit ini penting juga untuk dibaca.

Yah, sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana sih cara mencuci sepatu yang benar? Bagaimana cara mencuci sepatu kulit? Bagaimana cara mencuci sepatu vans? Bagaimana cara mencuci sepatu converse? Bagaimana cara mencuci sepatu nike? Bagaimana cara membersihkan sepatu wakai? Dan bagaimana cara mencuci sepatu sekolah? Semua itu ada aturan dan cara-cara tersendiri agar sepatu kita tetap awet dan hasilnya bersih.

Cara Mencuci Sepatu Yang Benar

Cara mencuci sepatu yang benar ini berbeda-beda untuk setiap sepatu. Agar sepatu kita tetap awet, tidak mudah rusak, maka kita harus mencuci seaptu sesuai dengan bahan utama sepatu tersebut. Karena memang setiap sepatu bahan utamanya berbeda-beda. Sepatu kulit jelas terbuat dari kulit, sepatu Vans, sepatu Converse, sepatu Wakai, sepatu Nike, sepatu sekolah rata-rata terbuat dari bahan kanvas. Dengan bahan-bahan yang berbeda tersebut, tentunya cara mencucinya juga berbeda.

1. Cara Mencuci Sepatu Kulit

cara mencuci sepatu kulit, cara mencuci sepatu converse, cara mencuci sepatu nike

Cara mencuci sepatu kulit itu sebenarnya tidak begitu rumit, cukup mudah saja. Namun untuk sepatu kulit ini, jika kita sampai keliru mencucinya atau salah memilih alat pembersihnya maka sepatu kulitnya akan cepat rusak. Dan perlu kita ingat bahwa sepatu kulit harganya cukup mahal, jadi kita harus tepat dalam mencucinya.

Cara mencuci sepatu kulit yang benar adalah bagian yang kotor dari sepatu kulit cukup kita sikat dengan  sikat yang lembut atau kita bersihkan dengan spons. Sikat berlawanan dengan arah permukaan kulit sepatu, selanjutnya dilap dengan menggunakan kain yang halus. Selanjutnya tinggal dikeringkan dengan cara diangn-anginkan saja.

Jika kotoran yang ada di sepatu kulit cukup membandel, kita cukup membersihkannya dengan menggunakan spons atau lap yang basah yang telah dicelupkan ke air deterjen atau air sabun pencuci piring. Usahakan agar busanya banyak. Busanya ini akan digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel tersebut. Selanjutnya bersihkan busa tersebut dengan lap basah. Yang terakhir jemur atau angin-anginkan sepatu kulit itu.

2. Cara Mencuci Sepatu Kanvas

cara mencuci sepatu yang benar, cara membersihkan sepatu wakai, cara mencuci sepatu sekolah

 Cara mencuci sepatu kanvas atau sepatu yang berbahan dasar kain kanvas ini berbeda dengan cara mencuci sepatu kulit. Untuk mencuci sepatu kanvas, kita harus memilih alat pembersih seperti sikat gigi yang tidak terpakai atau sikat yang halus. Untuk cairan pembersihnya kita bisa menggunakan sabun cuci piring atau sampo dan baking soda.

Pertama-tama lepaskan tali sepatunya, cuci sendiri tali sepatu tersebut. Selanjutnya kita sikat dengan sikat gigi atau sikat halus bagian yang kotor dari sepatu tersebut. Setelah mulai pudar nodanya, celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun, lalu sikat kembali bagian yang kotor sampai nodanya hilang. Selanjutnya keluarkan lidah sepatu, cuci juga dengan sikat yang sudah dicelupkan sabun. Bilas dengan air bersih, pastikan bahwa busa tidaklah tertinggal.

Untuk menjaga agar aroma dalam sepatu tidak meninggalkan bau kaki kita bisa menggunakan baking soda yang dicampur dengan air. Selanjutnya bisa kita jemur dengan cara diangin-anginkan, tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung. Sedangkan untuk cara membersihkan sepatu Wakai, cara mencuci sepatu Nike, cara mencuci sepatu Converse, cara mencuci sepatu Vans, cara mencuci sepatu sekolah juga sama dengan cara mencuci sepatu kanvas ini.

Demikianlah Cara Mencuci Sepatu Yang Benar dan cara mencuci sepatu kanvas, cara mencuci sepatu kulit, cara mencuci sepatu Converse, cara mencuci sepatu Vans, cara mencuci sepatu Wakai, cara mencuci sepatu Nike dan cara mencuci sepatu sekolah yang bisa kita terapkan dalam mencuci sepatu suami dan anak-anak kita. Yang perlu menjadi catatan dalam mencuci sepatu adalah jangan pernah mencuci sepatu dengan menddunakan mesin cuci. Hal ini aan menjadikan sepatu bukannya bersih tapi akan menjadi rusak. Oke bunda, dapatkan tips-tips lainnya hanya di BlognyaKeluargaSakinah.Blogspot.Com.




Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment