5 Cara Menata Rumah Agar Rapi Dan Nyaman

shares |

Rumahku syurgaku, itu adalah semboyan yang senantiasa tertanam di hati keluarga sakinah. Seorang istri yang shalihah tentunya berupaya untuk menjadikan rumah sebagai syurga dalam mengarungi kehidupan keluarga. Rumah yang digunakan untuk beraktivitas semua anggota keluarga baik istri sendiri, suami dan anak-anak. Sehingga istri yang shalihah hendaknya mengetahui 5 Cara Menata Rumah Agar Rapi Dan Nyaman ini.




Perlu kita ingat bahwa ilmu tentang 5 Cara Menata Rumah Agar Rapi Dan Nyaman tak kalah pentingnya juga lho dengan pengertian ta'aruf dalam Islam, tata cara ta'aruf dan tata cara pernikahan dalam Islam yang telah kita pelajari kemarin. Sebagai seorang istri, seorang ibu harus pandai-pandai menata, mengatur dan mengelola seluruh isi rumah dan melayani keluarga dengan sebaik-baiknya.

Keadaan rumah adalah cerminan dari kepribadian penghuninya. Rumah yang rapi, nyaman dan bersih akan menjadikan semua anggota keluarga betah. Rumah juga menjadikan semua aktivitas di dalamnya menjadi menyenangkan. Tanpa sadar dari hari ke hari rumah kita terlihat tidak begitu rapi tertata, karena setiap bulan atau minggu kita selalu membawa barang baru ke rumah. Lalu bagaimana menjadikan rumah kita tetap rapi, nyaman dan bersih? Bagaimana cara menata rumah agar rapi? Bagaimana cara menata rumah sederhana? Bagaimana cara menata rumah kecil? Bagaimana cara menata rumah sempit? Simak 5 Cara Menata Rumah agar Rapi Dan Nyaman berikut.

1. Pemanfaatan Gudang

Keberadaan gudang dalam rumah sangatlah penting. Kita bisa menaruh semua peralatan dan perlengkapan yang sudah tidak terpakai bisa kita taruh di gudang, baik itu peralatan dalam kamar tidur, ruang tamu maupun dapur. Peralatan di sini tentunya peralatan yang sudah tidak terpakai saat ini namun masih bisa kita gunakan di kemudian hari.

Untuk peralatan atau perlengkapan yang kemungkinan tidak kita gunakan lagi bisa diberikan ke tetangga atau bisa dijual ke tukang rongsok. Karena kalaupun kita simpan di gudang malah akan memenuhi gudang dan tanpa ada gunanya lagi. Setidaknya dengan menyingkirkan dan menyiman peralatan yang tidak terpakai ini akan menjadikan rumah lebih rapi.

2. Disiplin Meletakkan Barang

Kita dan seluruh anggota keluarga harus berusaha untuk selalu disiplin dalam meletakkan barang. Setelah kita selesai memakainya hendaknya segera dikembalikan pada tempatnya. Karena jika tidak dikembalikan pada tempatnya, maka barang-barang tersebut tahu-tahu akan menumpuk di suatu tempat yang akan mengganggu pemandangan mata, akan membuat ruangan menjadi tidak rapi lagi.

3. Letakkan Boks Kecil Cantik Di Setiap Ruangan Rumah

Tujuan dari boks kecil cantik ini adalah untuk menruh benda-benda kecil yang sekiranya digunakan di ruangan tersebut. Boks kecil cantik ini bisa ditaruh di pojok ruangan sehingga akan mempercantik pandangan juga. Tapi perlu diingat, kita mesti rajin juga membersihkan boks ini. Karena jika kita tidak rutin membersihkannya bukannya mempercantik ruangan, tapi malah sebagai tempat hinggapnya debu, jadi terlihat makin kotor ruangannya.

4. Tetapkan Jadwal Membersihkan Rumah Secara Rutin

Rapi di sini tidak hanya dalam bentuk penempatan barang saja, namun dalam membersihkan seluruh isi rumah. Tidak ada gunanya jika rumah kita rapi namun di sana sini penuh dengan kotoran. Jadwal membersihkan rumah harus kita lakukan secara rutin, misalkan untuk kegiatan menyapu dilakukan 2x sehari pagi dan sore, maka waktu pagi dan sore sebisa mungkin kita lakukan kegiatan ini, kecuali jika memang keadaan darurat. Begitu juga dengan kegiatan mengepel, membersihkan kaca, mencuci gorden bisa kita jadwalkan sendiri sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan jadwal yang telah kita buat, kita harus disiplin dalam melaksanakannya.

5. Rapikan Barang Secara Berkala

Setelah semua keadaan ruangan, keadaan rumah rapi, dengan bertambahnya hari, bertambahnya kegiatan kerapian awal itu pun sedikit berbeda. Karena kenyataan di lapangan tidak semulus yang kita jalani. Ketika kita sendiri terburu-buru melakukan suatu kegiatan, terkadang kita kurang rapi dalam meletakkan barang di almari atau di tempat lainnya.

Barang-barang yang yang kita rapikan secara berkala diantaranya, pakaian dalam almari, sandal atau sepatu dalam rak, buku di meja atau almari, almari dapur, almari es, dan lain-lain yang dirasa perlu. Pada saat kita merapikan barang-barang ini, maka kita juga harus membersihkannya, agar kebersihan dimanapun tetap terjaga.

Demikianlah 5 Cara Menata Rumah Agar Rapi Dan Nyaman. Semoga bisa memberikan manfaat buat kita semua, sehingga rumah kita senantiasa rapi, nayam, indah dan bersih, dan rumahku syurgaku akan tercipta di rumah kita. Yang perlu diingat juga, ketika kita melaksanakan poin 1 sampai dengan 5 di atas adalah selalu awali dengan Basmallah. Dengan kita mengawali bacaan ini maka kegiatan ini tidak hanya bisa membuat rumah kita rapi saja, namun juga bisa bernilai ibadah, dan tentunya jadi pahala tersendiri buat kita.

Artikel Yang Berkaitan, Baca Terusannya

0 comments:

Post a Comment